Serba Serbi Balap Drag Race di USA

 

Serba Serbi Balap Drag Race di USABalap motor drag atau drag race sendiri adalah salah satu cabang dari motorsport yang cukup populer di dunia, tidak terkecuali juga di Indonesia. Balapan ini sendiri akan dilangsungkan pada kegiatan sepanjang 201 meter dan akan melibatkan 2 motor yang akan saling beradu kecepatan. Peraturannya ini sendiri bisa dibilang cukup mudah karena siapa pembalap yang berhasil mencapai garis finish terlebih dahulu, maka akan memenangkan balapan ini.

Dragracingonline – Ada banyak balap motor drag yang memiliki begitu banyak tantangan bahkan akan membahayakan bagi pembalapnya. Semua penontonnya pun tak luput dari hal berbahaya jika menonton terlalu dekat dengan lintasan. Namun, bahaya ini bukan menjadi penghalang dari beberapa orang yang menyukai dunia balap. Bahkan hal ini adalah hal yang jutsru menjadi sebuah tantangan bagi para pembalap drag race sendiri.

Mengintip Sejarah Drag Race Motor

Balap motor ini sendiri adalah ajang yang sudah dikenal sejak tahun 1950an. Ajang balap motor ini untuk pertama kalinya dilangsungkan di Amerika Serikat. Bahkan Amerika Serikat sendiri adalah salah satu Negara yang mengawali ajang drag race motor di dunia di Amerika sendiri dimulai dari ajang yang bebas diadakan, bahkan hingga menjadi ajang yang dilakukan secara professional.

Jika membahas seputar drag race motor sendiri, hal ini akan berkaitan dengan salah satu organisasi dengan nama Asosiasi Sepeda Motor Amerika atau AMA. Di mana AMA ini menggelar sebuah kejuaraan drag race motor sendiri untuk pertama kalinya pada tahun 1953 yang dilangsungkan di California dan lebih tepatnya ada di Pomana.

Pertama kalinya, ajang balap liar ini akan menggali berbagai potensi balapan yang dilangsungkan di lintasan lurus dan menjadi salah satu ajang untuk pembalap bisa kebut-kebutan. Sama dengan berbagai ajang balapan yang ada di dunia, drag race motor sendiri mengalami banyak perubahan seiring perjalanannya. Apalagi dengan ada banyaknya peraturan yang dibuat dari sejumlah drag race maupun badan otomotif pada tingkat nasional.

 

Dulunya, drag race sendiri sengaja dirancang dengan tetap menjurus dan mengacu berbagai prinsip dan aturan dari para pembalapnya. Di mana aturan untuk mengikuti drag race sendiri harus melakukan berbagai perubahan dari kendaraan tentunya dari motor yang akan digunakan. Beberapa perubahan yang biasanya dilakukan dari motor yang akan digunakan ini adalah mencopot sejumlah komponen pada bagian motor yang dirasa tidak diperlukan.

Baca juga : Sejarah Balap Drag Race

Kemudian, penggunaan wheelbase juga akan dibuat dengan ukuran yang lebih panjang dari motor-motor pada umumnya. Hal ini secara otomatis membuat motor ini sendiri ikut melar. Perubahan ini memang sengaja dilakukan untuk mengejar aerodinamika yang terbaik dan juga menjaga agar ban depan motor yang akan tidak akan mudah terangkat. Bahkan sector mesin yang akan digunakan juga akan kena oprek dengan tambahan fungsi yang sudah diubah oleh sejumlah mekanis maupun team yang akan digunakan.

Mengenal Peraturan Drag Race

Ada beberapa peraturan yang bisa dipahami oleh semua orang yang akan mengikuti ajang balap motor ini. Beberapa peraturan yang harus dipahami adalah:

• Lintasan pacu ini memiliki panjang sejauh 201 meter. Kemudian, ada juga lintasan pengereman yang akan disusun dengan panjang 201 meter. Bahkan untuk lebar lintasan ini dibangun minimal 4 meter setiap jalurnya.

• Para peserta pembalap harus memiliki KIS atau Kartu Izin Start dari ikatan motor yang sudah resmi untuk bisa mengikuti ajang drag race sendiri.