Sejarah Balap Drag RaceAda banyak acara yang sering dilangsungkan oleh beberapa Negara seperti acara balap-balap liar dan juga beberapa acara balapan yang resmi. Lalu, untuk salah satu hal yang berhubungan dengan dunia balap adalah drag race. Apa itu drag race sendiri? Drag race adalah salah satu dunia balap menggunakan sepeda motor. Drag bike menjadi salah satu jenis olahraga otomotif atau motorsport yang memiliki banyak peminatnya. Namun, aturannya ini akan sangat berbeda dengan MotoGP maupun WSBK. Akan tetapi, drag bike ini sendiri memiliki tantangan tersendiri bagi siapa pun yang akan mengikutinya.

Definisi Drag Bike

Drag bike sendiri adalah salah satu cabang motorsport yang terkenal di dunia, salah satunya ada di USA. Namun, di Indonesia sendiri, cabang motorsport ini juga cukup terkenal dan sudah banyak dijalankan. Drag bike sendiri adalah adu 2 motor yang saling beradu dengan kecepatan tinggi di lintasan lurus. Untuk panjang lintasannya biasanya sekitar 200 meter bahkan lebih. Sedangkan aturannya cukup mudah karena para pemenangnya adalah premotor yang berhasil mencapai garis finish terlebih dahulu.

Ajang balap motor ini bukan hanya balap motor biasa namun ada beberapa tantangan dan juga bahaya yang harus dihadapi oleh seluruh pebalap yang akan saling berpartisipasi. Para pebalap harus mengandalkan mesin dan juga tenaga motor yang dimiliki. Bahkan teknik dan juga mental seluruh pembalap akan berpengaruh dari hasil balapan nantinya. Seluruh pentonon yang bahkan ada di sekitarnya juga harus berhati-hati karena ada banyak hal-hal tak terduga yang bisa saja dialami oleh penonton di sekitar.

Meskipun ada banyak tantangan yang akan dihadapi oleh para pembalap, namun ajang drag bike ini menjadi salah satu ajang yang sangat populer di seluruh dunia bahkan termasuk juga di Indonesia. Pertama kali, ajang drag race ini sendiri sudah sejak ada di Negara Amerika pada tahun 1950. Pertama kali, Amerika sendiri menggelar acara ini bahkan diadakan secara professional.

Organisasi drag bike yang ada di Amerika sendiri juga disebut dengan Asosiasi Sepeda Motor Amerika atau AMA yang juga pertama kali menggelar acara drag bike pada tahun 1953 dan diadakan di California. Event yang pertama kali diadakan ini bahkan menjadi sebuah awal mula balapan lintasan lurus. Di mana event ini juga menjadi sebuah event bagi sejumlah biker yang sangat menyukai aksi kebut-kebutan di jalanan.

 

Sejarah Balap Drag Race

Dragracingonline – Sepanjang perjalanan drag race atau ajang balap motor ini sendiri, juga pasti mengalami banyak perkembangan. Di mana dulunya tidak dilirik oleh beberapa orang menjadi sebuah ajang yang bahkan dicari dan dinantikan oleh banyak orang. Drag bike ini sendiri mengacu dengan beberapa prinsip balap. Di mana adanya pemangkasan badan sepeda motor dengan cara mencopot sejumlah komponen-komponen yang tidak dibutuhkan di sepeda motor yang akan digunakan. Kemudian, ada beberapa perubahan khususnya perubahan wheelbase yang akan dibuat jauh lebih panjang daripada motor-motor pada umumnya.

Perkembangan drag race yang cukup populer di Amerika juga ikut menular ke Indonesia. Di mana kemunculan balapan ini masuk ke Indonesia pada tahun 1995an. Namun, karena kita bisa melihat jika sangat jarang acara drag bike ini dilakukan di Indonesia, tentu popularitas dari olahraga ini bahkan makin lama makin menurun. Setelah drag bike mulai populer, ada juga beberapa tren baru yang masuk yaitu kelas skuter matic. Hal ini yang juga ikut membuat beberapa pecinta balap liar dan pecinta otomotif mulai aktif lagi melaksanakan drag bike di Indonesia.